Tata Cara Mengucapkan Salam Dalam Islam

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh
Segala puji hanya milik Allah, sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada baginda Rasulullah SAW.
Salam dalam islam bukan hanya sekedar kata sapaan sebagaimana umumnya kata sapaan lainnya. Namun di dalamnya terkandung doa bagi yang melakukannya.Doa yang diberkahi dan diridhoi di sisi Allah SWT.
Allah SWT berfirman : "Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu." (An-Nisa : 86)

"Hai orang-orang yang beriman,janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu, sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya." (QS. An-Nur : 27)
"Maka apabila kamu memasuki rumah-rumah maka hendaklah kamu memberi salam kepada dirimu sendiri. Salam yang ditetapkan oleh Allah, yang diberkati lagi baik." (QS. An-Nur : 61)

Rasulullah SAW bersabda : "Kalian tidak masuk surga hingga kalian beriman dan kalian tidak beriman hingga saling mencintai. Maukah aku tunjukan kepada kalian sesuatu yang jika kalian lakukan kalian kalian akan saling mencintai? Sebarkanlah salam diantara kalian." (HR. Muslim)

Di dalam islam, ada beberapa adab dan tata cara dalam mengucap salam itu sendiri. Berikut ini akan disajikan beberapa adab salam tersebut yang bersumber dari Al-qu'ran dan hadits :

1. Mengucap salam itu sunah dan menjawabnya adalah wajib
2. Ucapan Salam adalah Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh atau Assalamu'alaikum warahmatull atau Assalamu'alaikum
3. Hukumnya makruh jika memulai salam dengan 'Alaikassalam
4. Dianjurkan mengulangi salam sebanyak tiga kali manakala orang yang hadir sangat banyak, atau ada keraguan terhadap pendengaran orang yang diucapi salam.
5. Sunah hukumnya mengucapkan dan menjawab salam dengan suara jahr
6. Sunah mengucapakan salam kepada semua orang (Muslim) kenal atau tidak kenal
7. Dianjurkan agar orang yang datang memulai mengucap salam
8. Disunahkan yang mengucap salam adalah orang yang berkendara kepada orang yang berjalan kaki. Orang yang berjalan kaki kepada orang yang duduk. Dan yang lebih muda kepada yang lebih tua.
9. Mengucapkan salam kepada wanita asing. Hal ini khusus kepada wanita tua (bukan) dan tidak termasuk yang lainnya, karena ditakutkan akan menimbulkan fitnah. (Ibnul Qoyyim dalam Zaadul Ma'ad, 2/411-412).
10. Dianjurkan mengucap salam kepada anak-anak
11. Mengucapkan salam pada orang yang terjaga, sementara orang yang lain tidur. Hal ini dilakukan dengan suara yang hanya dapat didengar oleh oleh yang terjaga agar orang yang tertidur tidak terganggu.
12. Dilarang mengucap salam pada ahli kitab (non-muslim)
13. Menjawab salam Ahli Kitab dengan ucapan Wa'alaikum
14. Boleh mengucapkan salam kepada forum yang heterogen (muslim dan non-muslim) dengan niat salam tersebut ditujukan untuk Saudara yang Muslim.
15. Boleh menyampaikan salam dengan isyarat jika ada udzur.
16. Boleh mengucapkan salam kepada orang yang sedang sholat,dan dijawab dengan isyarat.
17. Boleh mengucapkan salam kepada orang yang sedang membaca Al-qur'an dan wajib dijawab
18. Makruh mengucapkan salam kepada orang yang sedang buang hajat
19. Dianjurkan mengucapkan salam ketika memasuki rumah
20. Menjawab salam yang disampaikan melalui orang lain dengan ucapan 'Wa'alaihissalam warahmatullah wabarakatuh
21. Mendahulukan shalat tahyatul masjid daripada mengucap salam kepada orang-orang yang ada di dalam masjid
22. Makruh mengucapkan salam pada saat khotbah jum'at
23. Anjuran memberi salam sebelum berbicara
24. Memberi salam kepada ahli maksiat dan ahli bid'ah. Kepada ahli maksiat hukumnya boleh dan menjawabnya wajib.Namun demikian kepada orang yang sangat terkenal dengan kefasikan dan kemaksiatannya perlu ditinjau dulu manakah yang lebih besar dampak negatif yang di manakala kita menjawab salam itu atau ketika kita tidak mengucap dan menjawab salam dari ahli maksiat. Hal itu semata-semata untuk meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan. Sedangkan kepada ahli bid'ah, perlu dilihat apakah bid'ahnya membawa kepada kekafiran atau tidak. Bid'ah yang membawa kepada kekafiran pelakunya tidak layak mendapat salam dan bid'ah yang tidak membawa kepada kekafiran hendaknya pelakunya diberlakukan sama seperti ahli maksiat.
25. Sunah mengucapkan salam sebelum meninggalkan forum (majlis).

Demikianlah saudaraku, adab dan tata cara mengucapkan salam dalam islam. Sekarang sudah saatnya kita membiasakan diri dengan kebiasaan yang benar lagi diridhoi oleh Allah SWT. Mari kita berlomba-lomba menebar salam sesuai aturan syar'i yang berlaku. Allahu Akbar!!!
Sumber : Kitabul Aadab bab As-salam

3 comments:

  1. Assalamualaikum Warohmahtullah mas. Subahanallah..! begitu indahnya ajaran Islam yang di bawah oleh nabi Muhammad Sallallahi wa'alaihi wassalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh...
      MasyaALLAH.. semoga shalawat serta salam selalu kita limpahkan kepada beliau ...

      Delete
  2. iya memang sangat bagus apa yang telah di ajarkan oleh beliau.
    ST3 Telkom

    ReplyDelete